Sejarah Klub

Logo Klub Pertama                                                   Logo Klub Sekarang

                             

Berangkat dari keinginan yang kuat untuk menghidupkan Sunnah Nabi dan memasyarakatkan olahraga panahan, dengan bermodal alat seadanya maka kami mulai memainkan dan mengenalkan panahan kepada anak didik kami di sebuah SMK di Malang. Hanya saja usaha untuk menghidupkan Sunnah Nabi itu kurang maksimal, dikarenakan tidak adanya program yang jelas serta wadah yang bisa mengembangkan olahraga “akhir jaman” ini.

Bermula dari informasi tentang adanya Training For Trainer (TFT) INASP di Semarang Jawa Tengah, maka kami bertekad ingin mengembangkan olahraga panahan melalui sebuah wadah yang lebih terorganisir dan tujuan yang jelas. Setelah mengikuti TFT, maka muncul keinginan yang kuat untuk membentuk klub panahan, demi menjalankan amanah yaitu memasyarakatkan olahraga panahan di daerah tempat tinggal.

Tepatnya pada hari Kamis tanggal 7 Mei 2015, berdasarkan SK No.024/SKK/INASP/V/2015 secara resmi klub berdiri dengan nama Jabal Uhud Achery Club, yang berlokasi di Kota Malang Jawa Timur. Nama klub ini diambil dari nama gunung di Kota Madinah -al munawwaroh- yang merupakan tempat gugurnya para syuhada Perang Uhud, dimana kaum muslimin dikala itu mengalami kekalahan perang disebabkan pasukan pemanah yang tidak mentaati perintah Nabi, dikarenakan hilangnya kesabaran ketika mengalami detik-detik kemenangan. Maka nama ini diharapkan akan selalu mengingatkan kita bahwa seorang pemanah haruslah memiliki sikap sabar dan tetap tenang meskipun dalam posisi di atas, dan hal ini tercermin dalam nilai karakter panahan di INASP yaitu Calm, Focus, Brave dan Win. Keempat hal ini tidak akan dapat diraih tanpa sikap sabar.

Dengan adanya klub dan program yang jelas diharapkan usaha dalam menghidupkan Sunnah Nabi ini menjadi lebih efektif dan terorganisir serta berkelanjutan. Dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada daerah dan terlebih lagi untuk agama Islam dalam memperkuat barisan kaum muslimin.

Semoga Alloh -subhanahu wata’ala- meridhoi ikhtiar kita. Aamiin.